SOUVENIR
SOUVENIR adalah kenang kenangan atau tanda pengingat berupa benda atau sesuatu yang bisa dibawa untuk mengingat suatu kejadian yang berupa objek tertentu untuk mengakuisisi untuk kenangan pemilik mengasosiasikan dengan objek tersebut. Souvenir juga sering dikenal masyarakat indonesia awam yaitu cendra mata. Cendramata adalah sesuatu yang dibawa oleh seseorang kerumahnya untuk mengenang yang terkait dari benda itu. Cenderamata atau souvenir banyak berpa benda yang menggambarkan suatu momentum, ceremonial dari daerah tertentu. Biasanya souvenir berbentuk benda padat yang menggambarkan tentang momentum pada saat itu untuk mengenang masa lampau juga.
Sejarah souvenir
Souvenir berasal dari tradisi kuno eropa. souvenir pertama kali di popularkan oleh bangsa eropa untuk kebutuihan acara pernikahan. Bagi bangsa eropa kuno pernikahan adalah suatu bentuk keberuntungan yang mana perlu dibagikan bonbonniere. souvenir yang lazim pada bangsa eropa kuno adalah bonbonniere. Bonboniere ini merupakan kotak perhiasan kecil terbuat dari kristal, porselin atau batu mulia. Bonboniere biasanya di isi dengan gula atau permen untuk melambangkan kekayaan, pada jaman dahulu gula adalah komoditas mahal yang hanya dimiliki oleh orang orang kaya. Pada jaman dahulu gula di percaya memiliki zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Setelah beberapa bad komoditas gula mengalami degradasi harga, yang membuatnya tradisi souvenir di ikuti oleh masyarakat menengah.
Setelah harga komoditas gula mahal, orang orang banyak mengganti isi dari bonboniere dengan kacang almond yang memiliki harga selangit. Dan berjalannya waktu almond di suguhkan pada tamu tamu yang berkunjung. Almound melambangkan symbol penghargaan bagi pengantin baru. Berkembangnya jaman tepatnya pada abda ke 13 kacang almond di modifikasi dan disempurnakan dengan cara dibalut gula yang bernama confetti kemudian bertransformasi berubah nama menjadi almond manis. Dahulu almond manis dilapisi oleh kain kain lembut dan elegant yang memiliki symbol kesuburan, umur panjang, kekayaan, kesehatan dan kebahagiaan. Rasa dari almond manis ini juga melambangkan pernikahan dengan rasa yang pahit berasal dari almond dan manis berasal dari gula itu sendiri sangat menggambarkan sebuah sebuah rasa manis dan pahitnya kehidupan setelah berumah tangga.
Pada perkembangan jaman yang pada jaman dahulu souvenir hanya benda yang bisa kita makan banyak bertransformasi menjadi barang barang yang lebih memiliki arti lebih mendalam dan lebih memiliki karakter si pemilik acara tersebut.
Evolusi souvenir
Souvenir acara formal
Pada era globalisasi saat ini souvenir memiliki evolusi yang sangat cepat dari sisi bentuk maupun fungsi. Pada jaman sekarang souvenir tidak hanya di gunakan untuk kebutuhan pernikahan saja, banyak kegunaan lainnya. Dari segi bentuk dan sifat juga sangat berevolusi, yang pada jaman dulu berupa makanan sekarang banyak menggunakan benda mati walaupun masih banyak yang berupa makanan juga masih menjaga tradisi. Pada era globalisasi ini souvenir banyak juga digunakan sebagai hadiah atau cendera mata untuk acara acara formal antara lain :
- Pernikahan
- Workshop perusahaan
- Studytour
- Pelatihan
- Kelahiran bayi
- Wisuda
- Rapat
Masih banyak acara acara formal yang menggunakan souvenir. Sudah di sebut di atas bahwa souvenir tidak hanya berupa makanan souvenir juga ber evolusi deri segi bentuk. Banyak bentuk bentuk benda mati souvenir pada jaman ini seperti :
- Tas
- Tumblr Clutch
- Pouch
- Gantungan kunci
- Kipas
- Tatakan masak
- Gelas
- Pajangan dinding
- Foto
Masih bnyak bentuk bentuk benda mati yang tidak di sebutkan di atas. Maka dari itu kebutuhan souvenir pada jaman era globalisasi ini sangatlah menumpuk menjadikan banyak orang yang mengkomersilkan.
Souvenir pariwisata
Tidak hanya untuk kebutuhan acara formal souvenir juga bisa di jadikan produk wisata. Souvenir adalah komponen produk wisata diperlukan pemahaman atas anggapan lingkungan objek wisata yang di maksud. Dengan mengenali daya tarik dan karakteristik objek wisata tersebut, diharapkan mampu menampilkan identitas suatu produk souvenir yang dapat menambah citra usaha pariwisata tersebut. Souvenir harus bisa menggambarkan tempat yang dimaksud karena bentuk bentuk itu telah melekat sebagai symbol symbol. Jadi souvenir tidak lagi memerlukan tulisan mengenai nama nama objek. Namun untuk objek yang tidak dikenal pencantuman nama sangat perlu untuk melengkapi gambar.
Istilah souvenir yang bila di artikan adalah suatu benda kenangan atau tanda mata yang sudah di jelaskan di atas, tentu benda kenangan yang memberi ingatan pada seseorang pada suatu tempat atau suatu pariwisata. di samping itu souvenir harus memiliki beberapa syarat dasar:
- Memiliki sentuhan seni yang menonjol
- Memiliki ciri khas daerah
- Memiliki keunikan dan daya tarik
- Kualitas dan mutu yang baik
- Harga relative terjangkau
Dalam dunia kepariwisataan, souvenir dikenal masyarakat luas yang mempunyai fungsi sebagai berikut:
- Sebagai kenang kenangan dari peristiwa/tempat tertentu, serta pengalaman dalam melakukan perjalanan
- Sebagai pelengkap, penunjang/pemanis interior yang ditempatkan di dalam
- Sebagai barang yang fungsional yaitu yang dapat dimanfaatkan. Souvenir seperti ini tidak membosankan di banding semata mata bersifat hiasan, karna produk ini termasuk dalam kategori kebutuhan
Selain itu souvenir juga bisa digunakan untuk negara sebagai :
- Pengenalan budaya
- Peningkatan pendapatan daerah
- Pemasukan devisa negara
Barang barang yang bisa di klasifikasikan sebagai souvenir ini sangatlah banyak, yang memiliki bentuk dan fungsi yang beragam satu sama lain dan memiliki keunikan dan ciri khas masing masing. Souvenir di lihat dari mata ke pariwisataan mempunyai arti kebanggaan sebagai koleksi pribadi, kenangan pada suatu tempat yang mempunyai ciri seni budaya yang khas.
Souvenir merupakan hasil tradisional dan industry kecil. Mereka menjadikan souvenir atau cendramata sebagai mata pencaharian yang meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kerajinan souvenir atau cendramata menjadikan salah satu keunggulan atau daya tarik wisata yang dapat mendukung tempat pariwisata itu sendiri.
Souvenir periklanan
Peran promosi pada suatu perusahaan memiliki peran vital untuk mengenalkan perusahaan atau produk perusahaan tersebut. Banyak perusahaan perusahaan yang menggunakan treatmen khusus untuk memperkenalkan perusahaan atau produk dari perusahaan tersebut. Ada banyak sekali cara untuk perkenalkan perusahaan atau produk perusahaan kepada masyarakat dan memiliki fungsi yang berbeda beda mulai dari perkenalan, menjaga eksistensi perusahaan sampai membranding perusahaan tersebut agar masyarakat luas mengenal dan melekat pada bayangan bayangan perusahaan tersebut dari logo perusahaan sampai produk produk perusahaan tersebut. Sebagai contoh orang orang lebih mengenal "odol" di banding pasta gigi, pada kamus kbbi yang benar adalah pasta gigi di karnakan odol adalah produk atau merk perusahaan. Contoh lagi yaitu stabilo pada kamus kbbi nama sebenarnya bukan stabilo yaitu textliner atau higligter. Masih banyak perusahaan yang sangat membranding produknya menjadi kata kata yang sering di pakai masyarakat luas. Banyak sekali media periklanan atau promosi perusahaan atau produk perusahaan salah satunya merchandise.
Souvenir periklanan atau yang masyarakat kenal yaitu merchandise adalah sarana media periklanan dalam bentuk benda mati yang sering kita jumpai dan dipakai oleh hal layak ramai dalam berbagai kesempatan dan berbagai bentuk. Merchandise yang menarik dan unik dengan memperlihatkan logo perusahaan atau produk perusahaan menjadi salah satu daya tarik perusahaan untuk sekedar mengenalkan perusahaan atau membranding perusahaan dengan cara tersendiri. Selain efektif dan murah merchandise juga bisa menjaga eksitensi perusahaan di karnakan barang barang pada merchandise relative memiliki durabilitas yang baik menjadikan merchandise sebagai program iklan yang cukup oke untuk perusahaan atau produk perusahaan. Selain efektif dan murah media promosi dengan cara merchandise sangatlah banyak fungsinya selain sekedar menjadi media pengenalan produk atau perusahaan.
Ada beberapa fungsi merchandise dalam perusahaan atau pelaku bisnis yang harus di ketahui diantaranya sebagai berikut :
- Sebagai branding produk atau perusahaan itu sendiri
- Sebagai tanda terima kasih terhadap customer untuk momentum momentum tertentu
- Sebagai daya tarik atau magnet agar orang mau berkumpul pada suatu acara yang di selenggarakan perusahaan
- Sebagai media pembeda dari perusahaan lainnya untuk meningkatkan kepercayaan customer
- Sebagai senjata pemasaran dari customer satu ke customer lain
- Menaikan nilai prestige produk atau perusahaan
- Mempercantik bundleing produk
Ada pula tujuan tujuan dari perusahaan untuk menggunakan merchandise sebagai alat pemasaran suatu produk atau perusahaan di antaranya sebagai berikut :
- Untuk menyebar informasi produk atau perusahaan tersebut
- Untuk menaikan penjualan dan juga keuntungan
- Untuk medapat pelanggan baru atau menjaga kesetiaan pelanggan
- Untuk menjaga ke stabilan penjualan ketika lesu
- Untuk membedakan produk dengan produk pesaing
- Untuk menjaga citra perusahaan atau produk di mata konsumen sesuai yang diinginkan
- Untuk mengubah pendapat konsumen mengenai produk atau perusahaan tertentu
Jadi bisa kita simpulkan souvenir periklanan atau merchandise adalah media periklanan yang cukup efektif untuk di gunakan produk dan perusahaan untuk perkenalkan kepada masyarakat luas dan cukup low budgeting.
Kami adalah produsen tas yang memproduksi berbagai bentuk tas dan menggunakan berbagai jenis kain yang ada di pasar indonesia. Karena banyaknya permintaan souvenir tersebut melandasi kami untuk membantu permintaan kebutuhan souvenir dari berbagai lini, karena kami cukup berpengalaman di bidang garment terutama di sector tas. Industry garment pada era globalisasi ini yang memiliki komoditas yang cukup besar membuat kami harus banyak berfikir kreatif untuk mengeluarkan inovasi inovasi terbaru dengan di bantu tenaga kerja ahli pada bidangnya membuat kami yakin bisa bersaing di pasar domestic maupun internasional. Di negara kita tercinta indonesia ini saja memiliki budaya yang beragam dan memiliki acara ceremonial sendiri sendiri di berbagai daerah. Belum lagi perusahaan perusahaan yang makin kreatif untuk membangun brand dengan pemasaran pemasaran yang sangat menarik namun low budget membuat kebutuhan souvenir sangatlah besar. Sesuai visi kami "kami sangat mengutamakan prinsip kepercayaan, komitmen, dan bisa diandalkan kepada para pelanggan" membuat kami terjun ke bidang souvenir ini terutama sector tas.